Selasa, 05 Februari 2013

LAPORAN KARYA WISATA


LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
PT DENSO INDONESIA
JAKARTA
Hari : Senin – Rabu, 2 s.d 4 April 2012
Kompetensi Keahlian : Teknik Ototronik

Di susun oleh :
Nama     :           Sarjiyanto
Kelas      :           XI TO 1
No          :           30

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEYEGAN
SLEMAN YOGYAKARTA
2011/2012



LEMBAR PENGESAHAN
          Laporan ini kami susun sebagai bukti bahwa kami telah mengadakan Kunjungan Industri ke PT DENSO INDONESIA  Jakarta. Laporan ini kami ajukan untuk di periksa, disetujui, dan disahkan.
Laporan ini di sahkan pada:
            Hari                 :
            Tanggal           :                          2012
            Tempat            : SMK N 1 Seyegan

Pembimbing                                                                 Wali Kelas


JUREMI, S. Pd                                                           Dra. Catarina Setiyawati
NIP. 19621015 199103 1 007                                    NIP. 19650801 200501 2 003

Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. Cahyo Wibowo, MM
NIP. 19581023 198602 1 001


KATA PENGANTAR
            Pertama peneliti ucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya selama penulisan laporan ini, sehingga laporan karya wisata ini dapat terselesaikan dengan baik. Tidak lupa pula penulis haturkan Sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan cahaya dan kebebasan kepada umat muslim diseluruh dunia.
            Penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs.Cahyo Wibowo, MM, selaku kepala sekolah SMK N 1 Seyegan.
2.      Dra.Catarina Styawati M, selaku wali kelas XI TO 1.
3.      Bapak dan Ibu guru pendamping.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMK N 1 Seyegan yang telah memberikan bantuan dalam melaksanakan kunjungan industry ini.
5.      Orang tua kami yang telah memberikan izin
6.      Serta semua pihak yang mendukung terlaksananya pembuatan laporan ini.
Kami menyadari atas kekurangan dalam penulisan laporan ini. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Semoga laporan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembacanya
           
                                                                            
                                                                        Sleman, 22 April 2012
                                                                                    Penyusun 



DAFTAR ISI


Halaman Judul………………………………………………………………….i
Lembar Pengesahan..…………………………………………………………..ii
Kata Pengantar……………………………………………………….………..iii
Daftar Isi………………………………………………………………………iv

BAB I         PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang………………………………………………..1
1.2  Tujuan………………………………………………………...1

BAB II       KUNJUNGAN STUDI BANDING
2.1 PT DENSO INDONESIA……………………………………2
2.2 TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL…………………………18
2.3 MONUMEN NASIONAL………………………………….19

BAB III      TEMUAN
3.1 Keterlaksanaan……………………………………………….21
3.2 Manfaat Yang Dirasakan…………………………………….22
3.3 Pengembangan atau Tindak Lanjut………………………….22

BAB IV      PENUTUP
4.1 Kesimpulan………………………………………………….23
4.1 Saran………………………………………………………...23

Lampiran …………………………………………………………………….24

Daftar Pustaka……………………………………………………………….25


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Di adakan kunjungan industri ke PT DENSO INDONESIA karena telah melihat majunya teknologi industri. Oleh sebab itu kami di perkenalkan pada dunia industri yang sesungguhnya, dengan melihat cara kerja mereka yang profesional serta peralatan mereka yang canggih dan modern. Yang tidak kalah pentingnya bahwa di dalam dunia industri, keselamatan kerja sangat diperhatikan seperti penggunaan pakaian kerja, topi atau pelindung kepala, sarung tangan, masker, kaca mata pelindung, dan sepatu kerja.
Di dunia industri juga di tuntut untuk selalu mencari cara kerja yang berdaya guna efektif dan efisien dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan barang yang berkualitas baik. Itulah yang membedakan antara dunia industri dengan kegiatan praktek di sekalah baik dari peralatan, sarana, kemampuan maupun metode yang di terapkan. Diharapkan setelah melakukan kunjungan industri ini siswa menjadi lebih siap untuk terjun di dunia industri, baik pada saat melakukan praktek industri maupun setelah lulus dari SMK.

1.2  TUJUAN
Tujuan dari kujungan industri ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mencari informasi yang ingin di ketahui dan dapat merumuskan hasilnya dalam bentuk sebuah laporan.
2.      Agar memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru yang tidak di peroleh di sekolah.
3.      Agar mengetahui perkembangan kemajuan teknologi industri saat ini.
4.      Agar mengetahui cara kerja yang diterapkan di sebuah industri.




BAB II
KUNJUNGAN STUDI BANDING

2.1  PT DENSO INDONESIA

1.   Pengenalan


PT DENSO INDONESIA adalah Modal Ventura Investasi Asing antara perusahaan swasta Jepang dan Indonesia bagian mereka counter, dan berada di satu pemimpin dalam pembuatan komponen otomotif seperti Air Conditioner, busi, Filter dan lainnya Didirikan pada Mei 12, 1975



Denso Indonesia memiliki dua pabrik:



Nama
Pabrik Sunter
(Kantor Pusat)
Lokasi
Jakarta
Mulai Produksi
Januari 1978
Tanaman Wilayah
19.000 m 2
Luas Tanah
38.000 m 2
Produk
Power Train Produk dan Radiator CU
Nama
Bekasi Pabrik
Lokasi
Bekasi,
Jakarta untuk 30km timur
Mulai Produksi
Juli 1996
Tanaman Wilayah
26.650 m2
Luas Tanah
100.000 m2
Produk
Grup Produk Thermal, Filter & Magneto





2. DENSO INDONESIA GROUP







PT. DENSO INDONESIA
Alamat:
Kantor Pusat:
JL Gaya Motor I no: 6 Sunter II Tanjung Priok, Jakarta 14330
Telepon: 
(62) (21) 6512279 Fax: (62) (21) 6510566
Bekasi Pabrik:
Jl Kalimantan Blok E1-2, Kw Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi 17520
Telepon: 
(62) (21) 8980303 Fax: (62) (21) 8980605
Didirikan:
Mei 1975
Produk:
Power Train Produk, Produk Thermal, Magneto, Filter dll


PT. DENSO SALES INDONESIA
Alamat:
JL Gaya Motor I no: 6 Sunter II Tanjung Priok, Jakarta 14330
Telepon:
(62) (21) 6512279
Fax:
(62) (21) 6510566
Didirikan:
November 5, 2004
Bisnis baris:
Penjualan komponen otomotif di Indonesia


PT. HAMADEN INDONESIA MANUFACTURING
Alamat:
JL Gaya Motor I no: 6 Sunter II Tanjung Priok, Jakarta 14330
Telepon:
(62) (21) 6512279
Fax:
(62) (21) 6510566
Didirikan:
Mei 1997
Produk:
Tanduk




PT. TD OTOMOTIF COMPRESSOR INDONESIA
Alamat:
Jl Kalimantan Blok E1-2, Kw Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi 17520
Telepon:
((62) (21) 8980303
Fax:
(62) (21) 8980605
Didirikan:

Produk:
Kompresor








3.   Sejarah Denso Indonesia

Tahun
Bulan
Sejarah
1973
November
Persetujuan BKPM
Desember
Perjanjian joint venture
1974
November
Persetujuan Dari Presiden
1975
Februari
Lisensi dari Departemen Perindustrian
Mei
Menetapkan
1976
Juni
Konstruksi Diluncurkan
1977
April
Konstruksi yang Diselesaikan
1978
Februari
Radiator dan Mobil Produksi AC
1979
Juni
Busi dan Filter Produksi
1988
Jan
Bus AC Motir starter dan Alternator Produksi
April
Cadangan Produksi Tank
Juli
Washer Tank, Horn dan Produksi Fuel Filter
1991
November
Kompresor Produksi
1995
Agustus
Ground Breaking Upacara Bekasi Pabrik
1996
Juni
Konstruksi Selesai
1997
Mei
Mendirikan PT HAMADEN INDONESIA
1998
Juli
Dapatkan Sertifikat ISO 9002 (Quality Management System)
Desember
Dapatkan Sertifikat ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan)
1999
Juli
Kecepatan menganggur Control Valve Produksi
2000
Juni
Dapatkan QS 9000 Sertifikat
2004

Berubah dari PT DENSO INDONESIA CORPORATION di PT DENSO INDONESIA
2004
November
Didirikan DENSO SALES INDONESIA
2008
Agustus
Tanah Tempointeraktif Upacara Cibitung Pabrik ekspansi



4. Filsafat
Para DENSO Filsafat


The "Filsafat DENSO" memandu aksi korporasi kami, memastikan bahwa kita akan terus menjadi perusahaan yang dipercaya oleh orang di seluruh dunia.




Misi



Berkontribusi untuk dunia yang lebih baik dengan menciptakan nilai bersama-sama dengan visi untuk masa depan




Prinsip Manajemen



1. Kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan berkualitas.
2. Pertumbuhan global melalui antisipasi perubahan
3. Lingkungan pelestarian dan harmonis dengan masyarakat
4. Vitalitas perusahaan menghormati individualitas




Individu Roh



1. Untuk menjadi kreatif dalam pemikiran dan mantap dalam tindakan.
2. Untuk bersikap kooperatif dan perintis.
3. Untuk dapat dipercaya dengan memperbaiki diri kita sendiri.

5.  DENSO ROH


Slogan ROH DENSO adalah "Mulai dari Saya"
3 Pilar Penting untuk mencapai DENSO VISI 2015


Tinjauan ke masa depan



1. Visi (Antisipasi perubahan)

2. Kreativitas (Buat kearifan baru)

3. Challange (Pemecahan Masalah)




KREDIBILITAS



1. Pertama kualitas
2. Pada Verifikasi Situs
3. Kaizen / Continous Improvement 




KERJA SAMA



1. Komunikasi.
2. Kerja sama tim.
3. Pengembangan Sumber Daya Manusia

6. DENSO Visi 2015
ATAS FILSAFAT DENSO menetapkan misi "memberikan kontribusi bagi dunia yang lebih baik dengan menciptakan nilai bersama-sama dengan visi untuk masa depan." Ke depan sampai 2015, kami ingin menekankan "pertimbangan" dan "pemenuhan" sebagai nilai-nilai baru untuk 10 tahun mendatang
Pertimbangan "dan" Pemenuhan "


Kami akan memberikan kontribusi untuk pencapaian suatu masyarakat otomotif masa depan di mana ada kekhawatiran sedikit tentang bahaya lingkungan dan keselamatan lalu lintas





Aksi Prinsip


Berbagi Roh DENSO, kita akan membuat dasar untuk mencapai Tujuan kami
Roh DENSO adalah aset perusahaan kami telah dibudidayakan sejak pendiriannya, dan mengembun jadi Foresight, Kredibilitas, dan Kolaborasi Kelompok DENSO.






Strategi Dasar 


[Pengembangan Teknologi]
I. Memimpin Era yang oleh Menawarkan Nilai Baru

Pengembangan produk berdasarkan penelitian ke masa depan masyarakat otomotif

Mempromosikan perkembangan teknologi terutama difokuskan pada lingkungan dan keselamatan
Pengembangan bisnis baru yang akan menghasilkan pemikiran yang dinamis dan "menetaskan" ide bisnis baru

Pembinaan berpikir dinamis dan mencari pengembangan bisnis baru
[Operasi Bisnis] 
II. Localized bisnis operasi memungkinkan keandalan yang lebih tinggi
Kami cara manufaktur yang memperdalam kehandalan kami di seluruh dunia

Konsolidasi dasar dari tepi global yang semakin kompetitif secara global kami berbagi Jalan DENSO manufaktur
Bisnis operasi yang beradaptasi ke setiap daerah ketika mengadopsi atribut terbaik dari masing-masing

Berlatih manufaktur beradaptasi dengan setiap wilayah dan operasi bisnis selaras dengan masing-masing daerah
[Manajemen dan Sumber Daya Manusia]
III. Buat perusahaan yang berkembang berdasarkan kebijaksanaan global kelompok DENSO
Manajemen perusahaan DENSO kelompok melalui kerangka otonomi kolaboratif

Mengembangkan sistem manajemen yang memungkinkan pada keputusan manajemen tempat
Mendorong rekan yang selalu berusaha untuk berinovasi dan menciptakan

Mendukung kegiatan yang menghasilkan kreativitas tim memanfaatkan bakat individu






Slogan 


Selain Semua Harapan

Slogan meliputi gairah mengemudi kita untuk melampaui prestasi kami sebelumnya dan menerobos batasan sebelumnya ditarik sekitar kita.

7. Denso Indonesia Prestasi
Denso Indonesia Group telah terus-menerus membuat bergerak kunci kita dengan selalu mengantisipasi tren masa depan. Hal ini dicapai dengan menempatkan kepercayaan kita pada perusahaan asosiasi kami, menyambut saran dari pelanggan kami, dan terus berusaha untuk menyediakan produk yang memenuhi dan melampaui kebutuhan pelanggan kami.
                                                                      
Denso Prestasi dan Penghargaan 2010




Tanggal
Penghargaan
Dari
4 Desember 2010
Sylver Medal Kategori QCC, Kaizen Festival TMC
Toyota Produsen Klub
4 Desember 2010
Sylver Medal Kategori QCC, Kaizen Festival TMC
Toyota Produsen Klub
30 Oktober 2010
Medali Emas TQM Manajemen (QCC & SS) ke-21 Konvensi GKM QCP, QCP, SS & CL AOP
PT. Astra Otoparts
30 Oktober 2010
2 Pemenang ke-21 Konvensi GKM QCP, QCP, SS & CL AOP
PT. Astra Otoparts
30 Oktober 2010
6 Pemenang 21 GKM Teknis Konvensi QCC, QCP, SS & CL AOP
PT. Astra Otoparts
13 Oktober 2010
2 Konvensi GKM DENSO ASIA PASIFIK
Malaysia
30 September 2010
Sertifikat Astra Green Company (Status Hijau)
PT. Astra Otoparts
26 September 2010
PORSE AOP Overall Champion
PT. Astra Otoparts
23 Juni 2010
Industri Kreatif Kompetisi
Presiden Republik Indonesia
2 Juni 2010
Juara Bulutangkis ganda
FKIJ - Tanaya CUP
23 Mei 2010
2 dan 3 Pemenang 10 Kms Pria `s Menjalankan
Tripartit Kabupaten Bekasi wilayah
23 Mei 2010
Juara 1 10 Kms Wanita `s Menjalankan
Tripartit Kabupaten Bekasi wilayah
4 Mei 2010
Penghargaan Kecelakaan Nihil (10,138,543.00 jam)
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia
22 Maret 2010
Terbaik Supplier untuk Kinerja Keselamatan Terbaik dari TMMIN
PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia
4 Maret 2010
2 Pemenang 26th teknis GKM InnovAstra konvensi
PT. Astra International


8. Produk DENSO    
DENSO adalah merek produk Jepang, dengan alasan untuk pembuat vihicle dekat dan fasilitas produksi terpusat untuk produksi yang efisien, sehingga pabrik DENSO tersedia di semua dunia termasuk Indonesia. Produk DENSO yang diproduksi di negara semua memiliki kualitas yang sama karena bahan dan proses adalah berdasarkan DENSO Jepang standar. Beberapa produk dari Indonesia diekspor ke Asia, Jepang, Amerika Serikat, Eropa, dll seperti busi, radiator, oil cooler, koil tongkat, sensor oksigen, udara cond, kompresor.



Mayor Pelanggan

PT Astra Daihatsu Motor (ADM)
DAIHATSU
PT Astra Honda Motor (AHM)
HONDA (Motor>
PT Hitachi Indonesia (HCMI)
HITACHI
PT Hino Motor Manufacturing Indonesia (HMMI)
HINO
PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM)
HONDA
PT Honda Prospect Motor
HONDA
PT Isuzu Astra Motor Indonesia (Isuzu)
ISUZU
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI)
KAWASAKI
PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB)
MITSUBISHI
PT Kubota Indonesia (Kubota)
KUBOTA
PT Mesin Isuzu Indonesia (MII)
ISUZU
PT Mitsubishi Krama Yudha Motors & Manufacturing (MKM)
MITSUBISHI
PT Nissan Motor Indonesia (Nissan)
NISSAN
PT Suzuki Indomobil Motor (SIM),
SUZUKI
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)
TOYOTA
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
YAMAHA

9. Setelah Pasar
DENSO menawarkan produk dengan kualitas terbaik untuk Pasar Setelah dan memberikan kepuasan pelanggan, karena DENSO adalah pemasok terbesar bagi produsen mobil di seluruh dunia.

Daftar Produk



Mobil DENSO AC yang dijual dari tahun 1957 sebagai COOLER CAR theDENSO


DENSO bergerak dalam pengembangan produk baru yang bertujuan kontrol kenyamanan, umur panjang, kinerja tinggi, dan pemeliharaan kualitas bebas untuk memenuhi kepuasan pelanggan


Denso Horn adalah Horn terbaik di Pasar


DENSO busi telah digunakan sebagai Original Equipment (OE) dengan otomotif besar banyak .......


Denso Wiper sebagian besar digunakan untuk mobil manufaktur, karena kualitas tinggi wiper melakukan efisiensi untuk menyeka, keheningan, dan stabilitas


Bagian Otomotif terbesar, menghasilkan untuk Fuel Injection Pump Diesel (DFIP) diinstal Sebagai peralatan asli tidak hanya Jepang tetapi juga untuk Amerika & Eropa. DFIP dapat Ditemukan di mobil, truk, forklift, aplikasi kelautan dan mesin pertanian.






10. Original Equipment Manufacturer (OEM)
DENSO INDONESIA sebagai Pemasok Original Equipment, mengembangkan dan memasok ASLI Equipment (OE) bagian langsung ke manufactuers kendaraan (OEM). DENSO membantu OEM untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan menyesuaikan Original Equipment nya (OE) teknologi untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang tepat. Bekerja sama dengan enigineers OEM dari tahap konsep awal kendaraan menjamin desain kualitas tertinggi terintegrasi yang akan membantu OEM untuk mencapai tujuan dan sasaran.








































































11. DENSO Penjualan dan Dealer Layanan
DENSO didirikan Penjualan dan Layanan jaringan didistribusikan di seluruh negara dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik dan suku cadang bagi pelanggan kami. Untuk memastikan semua pelanggan kami untuk memiliki dan menggunakan produk DENSO dengan kepuasan dan kepercayaan

12. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
DENSO INDONESIA CSR adalah komitmen perusahaan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dengan secara aktif memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan asosiasi harmonis dengan masyarakat setempat, serta masyarakat.
CSR singkatan dari 3 pilar dasar: keuntungan, orang, dan planet (3P)

Semua kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan kampanye, bumi dll perawatan.






Denso percaya bahwa warga negara adalah aspek yang paling penting dalam masyarakat negara. warga negara yang baik merupakan masyarakat yang baik dan negara




"Mens Sana di corpore Sano" berarti pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat.
Denso setuju bahwa warga negara yang sehat akan menciptakan lingkungan yang baik, yang akan menghasilkan masyarakat yang lebih baik, perusahaan dan negara.




CSR lainnya kecuali kegiatan kontribusi lingkungan, kesehatan dan sosial seperti pendidikan, dll beasiswa

13. Karir
DENSO, seorang asing terkemuka perusahaan patungan yang bergerak dalam bidang manufaktur dan distribusi komponen bagian otomotif. Dengan lebih dari 3300 karyawan yang memenuhi syarat dan dua pabrik yang berbasis di Sunter dan Cibitung kami mendukung lebih dari 28 perusahaan besar di seluruh dunia otomotif, meskipun dengan prestasi seperti itu DENSO masih ingin berjuang untuk yang sangat baik dan menjadi pelopor untuk komponen bagian otomotif.
Dengan 9 dari 10 mobil di jalan yang mengandung bagian kita, strategi DENSO untuk menjadi pelopor tampaknya bekerja.
Untuk mengkonsolidasikan posisi ini DENSO terus mencari kandidat yang ambisius baru.Apakah Anda mencari pekerjaan yang menarik dengan kondisi yang sangat baik dan berbagai peluang? Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan yang tercantum di website ini.




Untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemakmuran kedua DENSO dan rekan-oleh
menciptakan budaya di mana semua rekan dapat mengembangkan diri dan
berkontribusi untuk bisnis DENSO bertujuan untuk maksimal kemampuan mereka.




DENSO terus berkembang di Indonesia, situasi yang sangat positif menciptakan banyak kesempatan bagi calon maupun profesional entry level.













2.2 TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL

Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah objek wisata di Jakarta Utara. Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa. Senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui sajian hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan, dalam rangka mewujudkan komunitas 'Life Re-Creation' yang menjadi kebanggaan bangsa.
SEJARAH
Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.
Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat di tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.
Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah “go public” ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol, terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat pada masa depan. PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.





2.3 MONUMEN NASIONAL

Monumen Nasional

Monumen Nasional
Informasi umum
Lokasi
Alamat
Jalan Lapangan Monas
Dimulai
Selesai
Diresmikan
Ketinggian
132 meter
Desain dan pembangunan
Kontraktor utama
P.N. Adhi Karya
(tiang fondasi)
Arsitek
Frederich Silaban,
R.M. Soedarsono
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 Waktu Indonesia Barat. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.
SEJARAH
Setelah pusat pemerintahan Republik Indonesia kembali ke Jakarta setelah sebelumnya berkedudukan di Yogyakarta pada tahun 1950 menyusul pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1949, Presiden Sukarno mulai memikirkan pembangunan sebuah monumen nasional yang setara dengan Menara Eiffel di lapangan tepat di depan Istana Merdeka. Pembangunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.
Pada tanggal 17 Agustus 1954 sebuah komite nasional dibentuk dan sayembara perancangan monumen nasional digelar pada tahun 1955. Terdapat 51 karya yang masuk, akan tetapi hanya satu karya yang dibuat oleh Frederich Silaban yang memenuhi kriteria yang ditentukan komite, antara lain menggambarkan karakter bangsa Indonesia dan dapat bertahan selama berabad-abad. Sayembara kedua digelar pada tahun 1960 tapi sekali lagi tak satupun dari 136 peserta yang memenuhi kriteria. Ketua juri kemudian meminta Silaban untuk menunjukkan rancangannya kepada Sukarno. Akan tetapi Sukarno kurang menyukai rancangan itu dan ia menginginkan monumen itu berbentuk lingga dan yoni. Silaban kemudian diminta merancang monumen dengan tema seperti itu, akan tetapi rancangan yang diajukan Silaban terlalu luar biasa sehingga biayanya sangat besar dan tidak mampu ditanggung oleh anggaran negara, terlebih kondisi ekonomi saat itu cukup buruk. Silaban menolak merancang bangunan yang lebih kecil, dan menyarankan pembangunan ditunda hingga ekonomi Indonesia membaik. Sukarno kemudian meminta arsitek R.M. Soedarsono untuk melanjutkan rancangan itu. Soedarsono memasukkan angka 17, 8 dan 45, melambangkan 17 Agustus 1945 memulai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ke dalam rancangan monumen itu. Tugu Peringatan Nasional ini kemudian dibangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono, mulai dibangun 17 Agustus 1961.



BAB III
TEMUAN

3.1 Keterlaksanaan
Kunjungan industri yang dilakukan kekota Jakarta dilaksanakan selama 3 hari yaitu dimulai pada hari Senin tanggal 2 April sampai dengan hari Rabu tanggal 4 April 2012. Pada saat pejalanan siswa tidak merasakan bosan karena dengan hidupnya suasana didalam bus baik antara siswa, guru pendamping maupun dengan pemandu kami. Dalam perjalanan kami terdapat beberapa faktor-faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor tersebut antara lain :

v  Faktor pendukung
·         Sarana transportasi yang kondisinya cukup bagus dan layak pakai, sehingga siswa merasa nyaman di dalamnya.
·         Bus dilengkapi dengan AC, sehingga siswa tidak kepanasan di dalam bus.
·         Fasilitas yang di twarkan di dalam bus seperti TV dilengkapi CD player yang sangat menghibur siswa di perjalanan.
·         Tersedianya peralatan P3K dan obat anti mabuk bagi penumpang.
v  Faktor penghambat
·         Adanya kemacetan yang cukup panjang ketika di perjalanan begit memasuki Jakarta.
·         Terdapat jalan-jalan yang tidak rata yang membuat tidak nyaman bagi penumpang.
·         Siswa tidak dapat tidur saat perjalanan karena jalan yang berkelok-kelok tajam.
·         Banyaknya siswa yang mabuk di perjalanan.
·         Siswa begitu sampai di Jakarta sangat merasa kelelahan karena kurang tidur.\








3.2 Manfaat Yang Dirasakan
Manfaat yang dapat dirasakan dari kunjungan industry yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.      Siswa menjadi lebih mengetahui perusahaan yang terdepan dalam dunia otomotif nasional.
2.      Siswa lebih mengenal dunia industri yang sesungguhnya.
3.      Siswa mengetahui fasilitas dan berbagai tempat penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.      Siswa menjadi lebih siap untuk terjun ke dunia industri.

3.3 Pengembangan atau Tindak Lanjut
Dengan adanya kunjungan industri ini siswa dapat menjadi bertambah pengetahuan dan pengalaman di dunia industri. Siswa menjadi lebih siap untuk terjun langsung ke dalam dunia usaha atau bahkan ke dalam dunia industri itu sendiri. Untuk kunjungan industri yang selanjutnya jika akan memilih perusahaan, yang dipertimbangkan bukan hanya fasilitas yang modern saja tetapi juga apakah perusahaan tersebut dapat memperlihatkan pembuatan produknya secara mendetail atau tidak. Jika dapat memperlihatkannya maka ilmu yang didapat siswa lebih banyak.





















BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.   Untuk memperoleh pengetahuan yang luas kita harus aktif dalam melaksanakan progam pendidikan yang sudah ditetapkan.
2.   Keterampilan dan kemampuan yang baik dapat diperoleh jika kita telah memasuki dunia industri.
3.   Keselamatan kerja dalam dunia industri tetap menjadi prioritas utama dalam bekerja.
4.   Dalam dunia industri dituntut untuk selalu mencari cara kerja yang berdaya guna, efektif dan efisien dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan barang yang berkualitas.
5.   Semua produk yang akan diedarkan di Indonesia dalam jumlah yang besar akan di uji terlebih dahulu di Laboratorium Uji Kontruksi dalam bentuk pengujian material, komponen dan kontruksi, baik dari segi aspek kekuatan, ketahanan, batas lelah dan korosi.


  
4.2  Saran
      Adapun saran dari pelaksanaan kunjungan industri sebagai berikut :
1.   Jika akan mengadakan kunjungan industri kembali sebaiknya dalam pemilihan tempat industri di pilih yang dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas bagi siswa.
2.   Sebaiknya kunjungan industri dilaksanakan di musim kemarau sehingga siswa tidak kehujanan saat melakukan kunjungan industri.
  










LAMPIRAN





DAFTAR PUSTAKA





















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar